Jumat, 21 September 2007

Perpaduan Unik Rujak & Es Krim

Jajanan yang satu ini gampang ditemukan di Yogyakarta. Rujak Es Krim, racikan jajanan khas kota gudeg ini sebenarnya sederhana. Sepiring rujak berisi berbagai macam buah seperti mangga, bengkoang, pepaya, dan mentimun. Lalu, di atasnya di taruh es krim. Jangan dibayangkan es krimnya selembut es krim Walls atau Campina. Es krim di atas rujak ini sekelas es puter. Tapi, rasanya mantap. Enak dan segar.
Manis gula jawa dan pedas dari bumbu rujak, bercampur dengan manis gurihnya dari rasa susu es krim, ditambah rasa asam dari mangga muda dan buah-buahan lainnya. Benar-benar merupakan paduan yang unik. Apalagi dinikmati saat cuaca panas. Hmm..bikin ketagihan!
Di Yogyakarta, Rujak Es Krim ini biasa dijajakan dengan gerobak dorong dan mudah ditemui ditempat-tempat yang dekat dengan komplek sekolah, perkantoran atau perumahan.
Di antara sekian banyak penjaja rujak ini, ada satu penjual yang sempat kami singgahi di Jl. Timoho. Meski hanya gerobak sederhana, namun cukup nyaman. Sebab, disediakan gubuk bambu yang teduh dengan meja-meja pendek. Rujaknya juga baru dibikin setelah ada yang pesan.
Di samping itu, pembeli bisa menentukan sendiri kadar kepedasannya. Mau cabai satu, tiga, sepuluh, bebas saja. Harganya juga murah kok. Tidak sampai 5.000 rupiah per porsi, sepiring rujak es krim siap dinikmati. Saya yakin rujak es krim bisa menjadi salah satu alternatif pilihan makanan yang patut dicoba kala singgah di Yogyakarta (Mmm...sayangnya tidak bisa dijadikan oleh-oleh!)


1 komentar:

Sueswit April mengatakan...

seger... koyok yang nulis